Sosialisasi dan Penandatanganan Implementation Arrangement (IA) Program Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital Tahun 2024
Pontianak, 15 Juli 2024 – Bertempat di Aula Hadari Nawawi IKIP PGRI Pontianak, telah diselenggarakan acara sosialisasi dan penandatanganan Implementation Arrangement (IA) program pengembangan dan penyelenggaraan pembelajaran digital tahun 2024. Acara ini menandai kerjasama strategis antara STKIP PGRI Bangkalan dan IKIP PGRI Pontianak yang kini telah berubah status menjadi Universitas PGRI Pontianak.
Acara ini dihadiri oleh Ketua STKIP PGRI Bangkalan, Bapak Fajar Hidayatullah, M.Pd., beserta jajaran pimpinan. Dari IKIP PGRI Pontianak, hadir Rektor IKIP PGRI Pontianak, Bapak Muhamad Firdaus, M.Pd., yang didampingi oleh Dekan Fakultas MIPATEK, Bapak Yudi Darma, M.Pd., Wakil Dekan I, Bapak Matsun, S.Si., M.Pd., Wakil Dekan II, Ibu Reni Astuti, M.Pd., serta Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, Bapak Hartono, M.Pd., dan mahasiswa IKIP PGRI Pontianak.
Dalam sambutannya, Bapak Muhamad Firdaus, M.Pd., selaku rektor menyambut baik penandatanganan IA ini dan mengingatkan tentang perubahan status IKIP PGRI Pontianak menjadi Universitas PGRI Pontianak. Beliau menekankan pentingnya kolaborasi ini untuk memperkuat institusi melalui inovasi pembelajaran digital.
Ketua STKIP PGRI Bangkalan, Bapak Fajar Hidayatullah, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan harapannya bahwa dengan adanya IA ini, dosen dari kedua institusi dapat saling memperkuat keilmuan melalui program dosen tamu atau dosen pakar, serta mengajukan hibah yang dapat mendukung kolaborasi ini ke depannya.
Kerjasama ini memiliki beberapa tujuan penting. Pertama, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran digital di kedua institusi. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan metode dan teknologi pembelajaran digital yang inovatif dapat dikembangkan untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa. Kedua, kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dosen. Melalui program dosen tamu dan dosen pakar, dosen dari kedua institusi dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk memperkuat keilmuan masing-masing. Ketiga, kerjasama ini juga mencakup pengajuan hibah dan pendanaan untuk mendanai proyek-proyek pengembangan pendidikan yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Selain itu, pengembangan kurikulum berbasis digital yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar kerja juga menjadi tujuan penting dari kerjasama ini. Terakhir, kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara kedua institusi agar dapat saling mendukung dalam mencapai visi dan misi masing-masing.
Kerjasama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di kedua institusi, khususnya dalam bidang pembelajaran digital yang semakin relevan di era teknologi saat ini.