Visitasi Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia di IKIP PGRI Pontianak: Peningkatan Kualitas Melalui Asesmen Lapangan.
Pontianak, 22 Maret 2024 – Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak menjalani proses visitasi akreditasi untuk Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, tepatnya pada tanggal 22 hingga 23 Maret 2024.
Tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) turut hadir untuk melaksanakan asesmen lapangan. Prof. Dr. Kisyani Laksono, M.Pd., serta Dr. Teguh Setiawan, M.Hum., menjadi wakil dari LAMDIK dalam kunjungan penting ini.
Acara dibuka dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor I IKIP PGRI Pontianak, Dr. Aunurrahman, M.Pd., yang menyambut hangat kedatangan tim asesor serta seluruh peserta yang hadir. Turut hadir dalam acara ini Ketua YPLP SPT PGRI Kalbar Dra. Hj. Urai Titin Hiswari, M.Si., dan tentu saja kedua asesor yang akan melakukan evaluasi.
Visitasi ini tidak hanya melibatkan internal kampus, tetapi juga melibatkan para stakeholders, mahasiswa, Wakil Rektor II IKIP PGRI Pontianak, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPM) IKIP PGRI Pontianak, serta Kepala Biro Administrasi dan Kemahasiswaan dan Biro Administrasi Umum dan Keuangan.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh para Ketua Program Studi yang berada di bawah naungan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, serta dosen-dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia.
Tujuan dari visitasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia. Melalui proses asesmen lapangan yang komprehensif, diharapkan akan teridentifikasi area-area yang perlu perbaikan serta langkah-langkah strategis untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang bahasa dan sastra Indonesia.
Kapro Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Dr. Netti Yuniarti, M.pd., berharap dengan proses visitasi akreditasi ini akan memberikan gambaran yang jelas tentang tantangan dan hambatan dalam menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan bahasa Indonesia. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang kebutuhan dan harapan stakeholders serta masukan dari tim asesor, prodi magister pendidikan bahasa Indoneisa berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas prodi magister pendidikan bahasa Indonesia. “Kami ingin menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi, berkualitas, dan relevan dengan tuntutan zaman, sehingga mahasiswa kami dapat menjadi pemimpin masa depan dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia.”
Dengan harapan ini, Kapro Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia menegaskan komitmennya untuk terus bekerja keras demi meningkatkan mutu pendidikan dan kontribusi program studi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.
Proses evaluasi ini menjadi momen penting bagi IKIP PGRI Pontianak untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan terkini dalam bidang pendidikan. Dengan dukungan dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat, diharapkan bahwa hasil dari visitasi ini akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan reputasi dan mutu pendidikan di IKIP PGRI Pontianak, khususnya dalam Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia.